Hobi Asyik Memang Berkebun

Di tengah penatnya kehidupan di kota-kota besar seperti Jakarta, kita harus bisa mencari kegiatan yang bisa dijadikan sebagai media untuk melepaskan kepenatan dan stres akibat polusi, macet hingga pekerjaan. Berkebun merupakan salah satu cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk menenangkan dan menjauhkan diri dari yang namanya depresi. Selain bermanfaat bagi kesehatan mental, kegiatan menanam dan merawat tanaman ini sekaligus juga bisa memberi manfaat bagi kesehatan fisik lho, Toppers. Jadi beruntunglah bagi Toppers yang sering melakukan kegiatan ini secara rutin dan menjadikannya sebagai hobi.

Ingin tahu lebih banyak mengenai manfaat berkebun bagi kesehatan tubuh dan mental kamu? Simak penjelasan di bawah ini yuk, Toppers!

1. Lebih dekat dengan alam

Hidup di perkotaan yang jauh dari unsur alam seperti hutan dan pepohonan, bukan berarti kamu tidak bisa hidup lebih dekat dengan alam. Kamu bisa membawa suasana alam tersebut ke rumah dengan cara menanam tumbuh-tumbuhan hijau di pekarangan rumah. Pastinya kamu akan merasa seperti sedang berada di daerah yang hijau dan menyatu dengan alam, saat kamu membuka jendela di pagi hari dan melihat warna hijau dari tumbuh-tumbuhan yang kamu tanam sendiri.

2. Hemat pengeluaran

Sayur dan buah sehat adalah sayuran dan buahan yang ditanam secara organik, tanpa penggunaan pestisida atau bahan kimia lainnya. Namun untuk membeli sayur dan buah organik tentunya kita harus mengeluarkan uang yang lebih banyak dibandingkan membeli sayuran biasa.

Nah salah satu cara untuk mendapatkan sayuran organik tanpa harus menguras kantong yaitu dengan menanamnya sendiri. Kamu hanya perlu mengeluarkan modal sedikit di awal untuk membeli bibit tanaman. Namun saat panen tiba, kamu akan mendapatkan keuntungan berlipat-lipat dari modal yang sudah dikeluarkan. Hal ini tentunya akan mempengaruhi pengeluaran untuk berbelanja sayur dan buah dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari keluarga.

3. Baik untuk kesehatan tubuh

Selain dengan melakukan olahraga seperti berlari, bersepeda dan renang, kamu juga bisa membakar kalori dan lemak pada tubuh kamu dengan cara berkebun. Pasalnya, pada saat melakukan kegiatan berkebun, mulai dari menanam, menyiram hingga memangkas tanaman, tubuh kamu akan bergerak aktif sehingga mendukung proses pembakaran kalori menjadi energi. Bahkan dengan berkebun dalam waktu satu jam saja, jumlah kalori dalam tubuh yang terbakar bisa mencapai hingga 380 kalori, melebihi kalori yang terbakar saat kamu bersepeda.

Berkebun secara rutin ternyata juga bisa memperlancar peredaran daran dan mengontrol tekanan darah. Jadi berkebun juga sangat cocok lho untuk kamu yang memiliki tekanan darah tinggi. Selain itu, kegiatan ini juga bisa dijadikan sebagai terapi untuk mempercepat penyembuhan dari penyakit.

Sejumlah penelitian pun menunjukkan bahwa orang yang suka dan sering berkebun, rata-rata memiliki jangka waktu hidup yang lebih lama dibandingkan dengan mereka yang tidak suka melakukan kegiatan bercocok tanam ini.

4.Rumah jadi lebih sejuk dan asri

Rumah yang indah tidak melulu harus rumah yang mewah. Rumah yang sederhana pun bisa terlihat indah dengan sentuhan tanaman-tanaman seperti bunga, sayur maupun buahan. Selain tampak lebih indah dan asri, keberadaan tumbuhan di rumah tentunya akan membuat rumah jadi lebih sejuk dan nyaman ditinggali, terutama untuk rumah-rumah di daerah perkotaan seperti Jakarta yang memiliki tingkat polusi yang tinggi. Hal tersebut karena tumbuh-tumbuhan mengurangi polusi dengan menyerap emisi buang karbondioksida.

garden-design-ideas-for-small-gardens-2

5. Membantu menurunkan stress

Bagaimana perasaan kamu saat melihat bunga-bunga bermekaran dan hijaunya dedaunan? Pasti kamu akan merasa bahagia dan tersenyum dengan sendirinya kan, Toppers? Wajar saya, karena hijau daun yang selalu identik dengan warna alam yang membawa kesegaran memang bisa menstimulasi otak sehingga memunculkan perasaan yang tenang, damai dan nyaman. Hal tersebut sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan kepada penderita gangguan jiwa  yang menyatakan bahwa berkebun bisa mengurangi tekanan mental pada seseorang. Sejumlah pasien gangguan jiwa diajak untuk menanam bunga dan sayuran selama 3 bulan, dan ternyata sebagian dari mereka mengalami penurunan gangguan depresi dan tampak lebih tenang, gembira dan bersemangat.

Berkebun juga sudah terbukti bisa menurunkan produksi hormon kortisol yang merupakan hormon penyebab stress. Selain itu, kegiatan menanam dan merawat tanaman ini bisa membantu kamu dalam meningkatkan rasa percaya diri, melatih kesabaran dan mengurangi rasa kesepian lho, Toppers. Jadi bagi kamu yang jomblo, tidak ada salahnya untuk mengurangi rasa kesepian yang kamu rasakan dengan cara menanam dan merawat tanaman di rumah 😀 

6. Menghangatkan keluarga

Menghabiskan weekend bersama keluarga dengan berkebun di pekarangan rumah pasti akan terasa sangat menyenangkan. Selain menyenangkan, berkebun bersama tentunya juga akan semakin mengakrabkan dan menghangatkan hubungan antar anggota keluarga. Kamu bisa berkebun sambil berbincang dan bercanda dengan anggota keluarga lainnya.

Melalui kegiatan ini, kamu yang sudah memiliki anak juga bisa mengajarkan anak-anak untuk lebih mencintai alam dan menghargai makanan. Sebab dengan melihat dan ikut terlibat langsung dalam proses penanaman sayur, mereka akan tahu bahwa sayuran yang mereka makan tidak diproduksi dengan cara yang mudah dan cepat.

toddler gardening

Bagaimana Toppers, tertarik untuk menghijaukan rumah kamu dengan tanaman-tanaman hijau dan bunga yang warna-warni? Selain menghijaukan dan membuat rumah tampak lebih asri dan indah dipandang, tentunya kamu juga akan merasakan manfaat-manfaat di atas. Jadi cobalah untuk mulai menjadikan kegiatan berkebun ini sebagai hobi kamu yah, Toppers. Selamat berkebun! 😀

Sumber: gardeningknowhow.com & blog.buyandsell.ie, blog.tokopedia.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s