Manfaat Olahraga Memanah yang Harus Kamu Tahu!

memanah mungkin olahraga yang termasuk kalah pamor di Indonesia dibandingkan olahraga lain seperti sepak bola atau badminton. Padahal, kudu diketahui nih, olahraga memanah adalah salah satu olahraga yang disunahkan oleh Rasulullah SAW. Ini berdasarkan kisah dari sahabat Uqbah bin Amir Al Juhani yang selalu rajin berlatih memanah, tetapi sahabat lain yaitu Abdullah bin Zaid yang menemaninya merasa bosan saking rajinnya Uqbah berlatih. Lalu Uqbah berkata, “Maukah kamu aku kabarkan sebuah hadits yang aku dengar dari Rasulullah?” Abdullah bin Zaid menjawab, “Mau.” Uqbah pun berkata, “Saya telah mendengar beliau bersabda, ‘Sesungguhnya Allah ‘azza wa jalla akan memasukkan tiga orang ke dalam surga lantaran satu anak panah; Orang yang saat membuatnya mengharapkan kebaikan, orang yang menyiapkannya di jalan Allah, serta orang yang memanahkannya di jalan Allah.” Beliau bersabda, “Berlatihlah memanah dan berkuda. Dan jika kalian memilih memanah maka hal itu lebih baik daripada berkuda.” (HR. Ahmad, 16699).

Nah, Sob, setelah tahu anjuran Rasulullah untuk berlatih memanah, semoga kita termotivasi untuk bisa memanah ya. Biar motivasinya makin kuat, berikut ini Nida mengulas beberapa manfaat olahraga memanah yang harus kamu ketahui!

1.Meningkatkan keseimbangan

Buat yang punya masalah dengan keseimbangan dan kensinkronan, bisa cobain memanah. Karena olahraga memanah melatih koordinasi kekuatan otot dan otak. Cerebellum yang ada di bagian belakang otak akan mengirim sinyal pada otot untuk menjaga kondisi tubuh supaya seimbang. Saat melepaskan anak panah juga melatih kita untuk bisa mengontrol tubuh dengan baik.

2.Melatih koordinasi

Nggak beda jauh sama poin nomor 1, saat memanah, koordinasi antara anak panah, mata, core dan upper body, serta tangan harus terkoordinasi.

3.Melatih fokus dan daya tahan

Supaya bisa memanah pada target, tubuh harus dalam posisi terbaik. Dengan memanah, otak dilatih untuk fokus mencapai target. Dalam hal ini, bagian lobus frontal otak yang dioptimalkan. Semakin lama bagian otak ini dilatih, makin bikin kita lebih mudah untuk berkonsentrasi.

4.Melatih kesabaran

Nggak cuma memancing nungguin ikan yang bisa melatih kesabaran kita, Sob. Memanah pun juga bisa melatih kesabaran, karena kita nggak bisa asal cepat meraih target, tetapi yang lebih penting adalah mencapai target dengan presisi.

5.Menghilangkan stres

Saat melepaskan anak panah, melihat anak panah tersebut melayang, dan saat anak panah tersebut mencapai target, bisa menjadi penghilang stres tersendiri loh, Sob.

Yuk, berlatih memanah! Semoga bermanfaat.

Referensi: dari berbagai sumber, annida-online.com

Foto ilustrasi: google

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s