Tak Sekadar Jadi Tren, Ini Manfaat Olahraga Panahan

Panahan kini menjadi salah satu olahraga yang cukup populer, baik di mancanegara maupun Indonesia. Tren ini tak terlepas dari kemunculan berbagai film yang menampilkan tokoh-tokoh jago memanah. Dari The Lord of The Rings lewat tokoh Legolas, The Hunger Games dengan tokohnya Katniss Everdeen, Brave hingga yang terbaru 3 Srikandi.

Ya, booming olahraga panahan di Indonesia sendiri makin marak setelah kemunculan film 3 Srikandi. Film nya sendiri masih dalam proses syuting, namun gaungnya sudah cukup ramai. 3 Srikandi sendiri merupakan film yang mengangkat kisah nyata tiga atlet panahan Indonesia yang memenangkan olimpiade di Seoul pada 1988. Dibintangi oleh aktris Chelsea Islan, Tara Basro dan Bunga Citra Lestari.

“Sekarang peminatnya luar biasa. Dulu saya latihan (tahun 2012) masih jarang orangnya. Tapi sekarang datang dari mana-mana dan jumlahnya banyak luar biasa,” ujar pelatih panahan Eka Septia Wulan saat berbincang dengan Wolipop melalui telepon, Senin (14/9/2015).

Wanita yang menekuni panahan sejak 2012 ini menambahkan, selama menjadi pengajar di awal 2015, anak-anak menjadi peserta yang paling banyak. Namun ada pula muridnya yang orang dewasa hingga yang paling tua berusia 64 tahun.

Apa hal yang paling menyenangkan dari olahraga panahan dan seperti apa manfaatnya? Menurut wanita yang biasa disapa Wulan ini, salah satu manfaatnya untuk membangun karakter anak yang juga menjadi salah satu program dalam sekolah panahan tempat ia bekerja, Indonesian Archery School Program.

“Kalau latihan panahan untuk jalur prestasi kita akan bantu, tapi kita sendiri lebih concern di character building dan hobi,” tutur wanita berusia 29 tahun ini.

Wulan menambahkan, panahan juga bisa menjadi terapi untuk anak berkebutuhan khusus. Tujuannya untuk membuat mereka lebih relaks dan mengendalikan diri.

“Di panahan diajarkan untuk tenang, relaks, nggak terburu-buru, nggak boleh tegang atau kaku,” terangnya.

Bagaimana dengan manfaatnya bagi orang dewasa? Tidak jauh berbeda dari anak-anak. Manfaat lainnya untuk melatih koordinasi antara gerakan tangan dan mata, fleksibilitas jari-jari, melatih kesabaran, meningkatkan fokus dan kepercayaan diri.

Seperti dikutip dari Health Fitness Revolution, panahan juga bisa menjadi ajang sosialisasi. Orang dari berbagai rentang usia dan pekerjaan bisa menikmati olahraga panahan dan hampir semua kalangan bisa ikut berpartisipasi dalam kompetisi. Ditambah lagi jika kompetisi dilakukan per kelompok, olahraga ini bisa melatih kemampuan kerja sama tim. Tertarik belajar panahan?

sumber : wolipop.detik.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s