Anda Hobi Programming? Ini manfaat bagi Anda

Nah bagi yang hobi koding dengan berbagai macam bahasa pemograman komputer, saya kira banyak peluang bisnis di bidang IT. Kita tahu saat ini IT sedang berkembang pesat memasuki ke segala bidang. Salah satu bahasa pemograman yang sedang booming untuk smartphone adalah si robot ijo Android. Dengan membuat sebuah apps yang diselipkan kode iklan admob dan ketika apps tersebut banyak terinstall, maka peluang mendapatkan dollar pun akan mudah didapatkan. Tidak hanya itu, tidak sedikit programmer yang sukses karena hobinya utak-atik bahasa pemograman terentu namun pada akhirnya  banyak pesanan dari perusahaan atau individu untuk membuatkan sofware baik berbasis desktop edition atau web based. Disisi lain banyak pula programmer yang bisa menciptakan produknya secara mandiri dan banyak pula yang memanfaatkannya.

Bagi developer, computer scientist, atau programmer tentu sudah tahu manfaat belajar bahasa pemrograman, tidak perlu dijelaskan lagi. Belajar bahasa pemrograman bagi mereka akan sangat bermanfaat untuk bidang pekerjaan yang dimilikinya, apalagi bagi mereka yang sedang mengerjakan proyek-proyek baru yang sama sekali belum pernah disentuhnya.

Akan tetapi, bagaimana manfaat belajar bahasa pemrograman bagi orang awam atau orang yang sedang belajar? Tentu tak hanya sebatas meningkatkan kemampuan melakukan pemrograman yang akan di dapatkan, tetapi berbagai hal terkait dengan hal tersebut.

Selain iming-iming intensif yang besar, belajar pemrograman memiliki beberapa manfaat yang dapat kita rasakan. Manfaat ini tidak secara langsung dapat kita rasakan, tetapi dengan proses belajar yang tepat, manfaat ini akan kita rasakan jauh setelah proses tersebut terlewati.

Belajar bahasa pemrograman merupakan sebuah pembiasan. Pembiasaan dalam menuliskan baris-baris kode yang benar, pembiasaan dalam menggunakan penalaran yang tepat, dan pembiasaan dalam menggunakan perumusan yang sesuai. Proses-proses tersebut juga akan memberikan keuntungan tersendiri bagi orang-orang yang mempelajari bahasa pemrograman.

Beberapa manfaat belajar bahasa pemrograman di antaranya adalah sebagai berikut ini

Meningkatkan Kemampuan Berpikir Secara Logis

manfaat belajar bahasa pemrograman 1

[Sumber: publicdomainpictures]

Untuk membuat sebuah produk dengan bahasa pemrograman, termasuk di dalamnya  aplikasi, game, perangkat mikrokontroler, atau perangkat IoT, kita tidak akan bisa lepas dari logika-logika pemrograman yang akan digunakan untuk membuat produk tersebut agar produk tersebut bekerja sesuai dengan yang diharapkan. Logika dan algoritma pemrograman menjadi suatu hal yang sangat penting dalam membuat atau mengembangkan sebuah produk.

Kesalahan logika yang digunakan, tentu akan berakibat fatal terhadap produk yang akan dikembangkan. Selain eror, tentu produk yang dikembangkan tidak akan sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Oleh karena itu, belajar logika pemrograman merupakan hal yang wajib, agar produk yang dikembangkan tidak mengalami permasalahan dalam pengembangannya. Logika pemrograman menjadi bagian penting yang harus dipelajari oleh orang yang belajar bahasa pemrograman, tanpa melihat pilihan bahasa yang dipelajarinya.

Setelah memilih bahasa yang tepat, semua orang yang berkecimpung dalam mempelajari bahasa pemrograman harus mempelajari logika perograman. Bersamaan dengan ini, tentu kita akan menjadi terlatih untuk berfikir dengan menggunakan logika saat menghadapi permasalaan.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, belajar pemrograman merupakan sebuah pembiasaan. Ketika pikiran kita dibiasakan untuk menggunakan logika, tanpa disengaja kita akan terbiasa untuk menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari juga.

Tanpa sadar kita akan mendapatkan kemampuan berpikir secara logis sebagai salah satu manfaat belajar bahasa pemrograman. Kita akan terlatih untuk mempertimbangkan berbagai hal untuk mengatasi berbagaimacam permasalahan yang ada.

Mengembangkan Cara Berpikir Dengan Sistematis

manfaat belajar bahasa pemrograman 2

[Sumber: Flickr]

Selain dapat mempertimbangkan dengan tepat bagaimana kita akan menyelesaikan sebuah permasalahan, manfaat belajar bahasa pemrograman yang lainnya adalah dapat mengembangkan cara berfikir sistematis.

Dalam membuat sebuah program, seseorang akan dihadapkan pada baris-baris kode yang harus disusun secara sistematis. Baris-baris kode ini tidak boleh terbolak-balik baik penyusunannya maupun penulisannya, agar program yang dibangun dapat berjalan tanpa permasalahan. Sistematika ini berlaku untuk berbagai macam jenis bahasa pemrograman yang ada sejak dulu sampai sekarang.

Hal ini menyebabkan seorang calon pembuat program harus mempelajari bagaimana menuliskan kode dengan aturan dan sistematika yang sebenarnya. Belajar membuat kode yang sistematis menjadi salah satu bagian yang harus dipelajari saat belajar bahasa pemrograman.

Sebagai dampak positifnya, kita tentu akan semakin terbiasa dengan cara berpikir sistematis. Cara berpikir ini akan terbawa ke kehidupan sehari-hari, terutama dalam menghadapi berbagai macam permasalahan yang sedang menghimpit.

Melatih Teliti Terhadap Detail

manfaat belajar bahasa pemrograman 3

[Sumber: Wikimedia]

Dalam membangun sebuah program, sering kali seorang developer akan mengalami sebuah permasalahan, salah satunya adalah program yang dibangun eror saat diverifikasi atau di-build. Permasalahan ini akan memerlukan sedikit ketelitian untuk mengatasinya.

Seorang developer harus mengecek ulang kode, dan mencari bagian kode yang menyebabkan terjadinya permasalahan. Jika hal tersebut belum menyelesaikan masalah, developer masih harus mengecek berbagai hal yang berkaitan dengan program yang dibangun tersebut, seperti mengecek power yang digunakan jika dalam membuat program untuk perangkat keras, atau mengecek koneksi internet jika tools yang digunakan berjalan secara online.

Apalagi bagi pemula atau orang yang sedang belajar, permasalahan ini tentu akan menjadi bagian dari aktivitas membuat sebuah program. Karena belum terbiasa menulis atau membuat kode, kesalahan-kesalahan menuliskan baris-baris kode akan menjadi rutinitas.

Akan tetapi, dengan terbiasa mencari kesalahan dalam menuliskan kode saat belajar, kita akan menjadi terbiasa dan lebih teliti dalam menuliskan kode dalam membuat sebuah program. Hal ini tentu akan berimbas ke dalam aktivitas kita sehari-hari sebagai salah satu manfaat belajar bahasa pemrograman.

Meningkatkan Kemampuan dalam Mengatasi Masalah

 

Dengan mempelajari bahasa pemrograman, kita akan dilatih untuk menyelesaikan sebuah permasalahan, baik itu tentang bagaimana produk harus bekerja maupun bagaimana mengatasi kesalahan-kesalahan yang terjadi.

secara tidak sadar, kita juga akan membawa hal ini ke dalam kehidupan sehari-hari untuk menghadapi berbagai macam permasalahan yang terjadi. Kita secara tidak sadar akan berpikir secara logis dan sistematis, seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Belajar bahasa pemrograman akan memberikan dapampat positif bagi kita. Bahkan perusahaan raksasa teknologi Google pun percaya, dengan belajar program, kita tak hanya akan memperoleh kemampuan dalam melakukan pemrograman, tetapi juga mengembangkan pikiran yang dapat digunakan untuk menyelesaikan berbagai macam permasalahan. Kemampuan untuk memecahkan permasalahan ini akan menjadi salah satu manfaat belajar bahasa pemrograman.

sumber : teknojurnal.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s