Ayo Bersepeda Menikmati Indahnya Alam

Bersepeda merupakan hal yang sangat menyenangkan, dengan bersepeda di alam bebas selain bisa merelakskan tubuh kita juga bisa menambah wawasan di alam terbuka dan melatih skil bersepeda kita di jalur terjam. Sekarang ini gaya bersepeda sudah sangat banyak sekali dan hobi – hobi bersepeda juga sudah menjalar sampai ke anak muda bukan hanya orang tua saja. Seperti para olehragawan sepeda sekarang ini sudah banyak bahkan juga tidak jarang menemuinya.

Bahkan saya sendiri sekarang menyukai bersepeda di alam bebas. Hobi ini muncul saat ayah saya mengajak bersepeda di kawasan rumahku yang memang di daerah pegunungan dn sudah pasti jalur yang di lewati naik turun dan terjal. Menurutku bersepeda dialam bebas adalah sebuah petualangan yang sangat menatik dan perlu dicoba bahkan di teruskan menjadi hobi baru. Dengan alam bebas kita bisa membangkitkan semangat goes yang semakin menggebu.
Sebenarnya adventure dialam bebas ini selain bisa dilakukan dengan hiking trekking atau kegiatan menjelajah alam bebas lainnya bisa juga dilakukan dengan bersepeda. Akan tetapi sebelum anda terjun langsung berjelajag dengan sepeda di alam bebas, anda harus mengetahui beberapa poin penting yang wajib anda ketahui yaitu sebagai berikut :

  1. Jenis sepeda
    Jenis sepeda juga sangat di perlukan dalam berjelajah sepeda. Karena dengan meda yang semakin berat maka sepeda khusus juga mengimbangi bersepeda anda seperti sepeda yang menggunakan jenis AM atau XC, tapi ada juga yang menggunakan sepeda touring yang di desain khusus untuk keluar masuk hutan dan kuat. Dan untuk anda yang membawa barang banyak hal ini juga harus dipertimbangkan tentunya harus mengkondisikan dengan kekuatan sepda dan kemampuan mengayuh anda.
  2. Persiapan khusus
    Persiapan fisik ini adalah persiapan yang wajib dilakuka dan yang paling utama harus dijaga. Karena bersepeda di alam bebas ini tentunya memerlukan stamina yang lebih karena trek jalanan di hutan belantara tentu jauh berbeda bengan trek jalanan pada umumnya. Jadi persiapkan kekuatan kaki anda untuk mengayuh lebih kuat lagi.
  3. Persiapan perbekalan
    Perbekalan adalah hal yang menentukan sampai finish atau tidak perjalanan goes kita ini. Menurut pengalaman saya saya pernah mengalami dehidrasi saat didalam hutan, ini dikarenakan bekal minum saya sudah habis duluan dan tidak ada sumberair yang kelihatan di sekitar saya dan akhirnya saya harus berhenti dan menunda perjalanan sekitar 40 menit untuk menunggu kawanan yang lain yang masih di belakang.
    Dan ini ada beberapa peralatan dan perlengkapan yang penting untuk mengantisipasi keadaan keadaan darurat yaitu sebagai berikut :
    a. Baju, daleman, sweeter.
    b. Alat solat sarung dan kupluk. Sarung selain digunakan untuk solat sarung bisa digunakan untuk melindungi diri dari kedinginan.
    c. Mi instan. Ini hanya untuk berjaga – jaga kalau kita tidak ada makanan saat perjalanan.
    d. Peralatan masak sederhana.
    e. Obat – obatan.
    f. Makanan ringan.
    g. Tenda mini.
    h. Tollkit atau kunci – kunci. Hal pokok yang harus dibawa seorang goess.
  4. Team atau jumlah anggota.
    Untuk kegiatan bersepeda dia alam bebas ini sangt memerlukan teman goes lain karena arean yang di lewati adalah dihutan belantara. Di hutan ini banyak sekali hal – hal negative yang bisa saja kita lakukan dan kalau kita goess di jalanan raya mungkin kita bisa lakukan sendori namun untuk di alam bebas ini kita tidak akan bisa sendirian.
  5. Mengenalin medan trekking yang mau dilewatin.
  6. Dan poin bersepeda yang terakir adalah latihan tekniknya.
    Selain mengetahui beberapa poin penting diatas, jangan lupa untuk melakukan berbagai macam persiapan antara lain:
    1. Melakukan latihan rutin setiap hari sebelum kegiatan adventure bersepeda ini di lakukan, yaitu dengan latihan lari dan jogging setiap hari.
    2. Dan latihan yang kedua ini tidak harus dilakukan namun juka anda memiliki cukup uang anda bisa pergi berlatih di gym dan meminta instrukturenya untuk melatih meningkatkan kekuatan tubuh.
    3. Dan jika anda tidak berlatih di gym ini juga tidak di permasalahkan. Karena anda juga bisa latihan sendiri di rumah dengan pus up dengan posisi yang benar dan di lakukan secara teratur dan rutin setiap hari.
    4. Poin bersepeda pentig yang ke empat adalah saat anda sudah mau mulai bersepeda kurangilah aktifitas goes anda. kerena dengan mengurangi goes ini maka tubuh bisa menyimpan tenaga yang cukup untuk goes nyata di alam bebas.
    5. Lakukan cek kesehatan anda rutin kedokter. Sekedar untuk menaggulagi keadaan yang dikira mengganggu goess anda.
    6. Poin penting terakir adalah menambah konsumsi karbohidrat selama seminggu sebelum kegiatan goess di lakukan. Kemudian kurangilah asumsi karbohidrat anda jika sudah mendekati hari H dan anda juga bisa menggantinya dengan makanan yang mengandung protein.

Poin penting dan hal – hal yang wajib diketahui sudah ada di atas, dan kini giliran anda yang mencoba hobi baru ku ini hobi menantang dan sangat mengasyikkan. Salam goess !

sumber : blog.cozmeed.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s