Tips bercocok tanam tanpa tanah di lahan rumah maupun greenhouse, Hidroponik

Hobi bercocok tanam bukan hanya untuk para pegawai atau karyawan yang tinggal dipedesaan, namun seringkali juga kita temukan di perkotaan dengan lahan sempit atau yang sering kita sebut dengan Hidroponik, yakni budidaya tanaman tanpa tanah.

 Hidroponik 
Panduan bercocok tanam tanpa tanah, fleksibel bisa dilakukan  dilahan super sempit maupun greenhouse

Menanam bayam, kangkung, sawi, kubis atau bunga-bungaan sekarang bisa jadi lebih mudah, tidak butuh lahan khusus, bisa dilakukan dilahan sempit mulai dari sisa pekarangan atau di garasi sempit.

Bercocok tanam hidroponik bisa dilakukan skala skecil di rumah sebagai suatu hobi ataupun secara besar-besaran dengan tujuan komersial. Beberapa kelebihan tanaman hidroponik antara lain ramah lingkungan, hemat air karena penggunaan  air hanya 1/20 dari tanaman biasa, dan mengurangi  CO2 karena tidak perlu menggunakan kendaraan atau mesin. Tanaman hidroponik tidak merusak tanah karena tidak menggunakan media tanah dan juga tidak membutuhkan tempat yang luas.

Lebih hemat waktu dan tenaga karena tidak perlu menyiramkan air setiap hari.  Pertumbuhan tanaman lebih cepat dan kualitas hasil tanaman dapat terjaga. Dapat tanam di mana saja bahkan di garasi dan tanah yang berbatu dan  dapat ditanam kapan saja karena tidak mengenal musim.

Bahkan bagi yang tinggal dalam apartemen yang paling kecil sekalipun tidak menutup kemungkinan kita dapat menanam bunga, buah, dan sayur-sayuran. Dan hidroponik menjadi alternatif paling realistis jika hidup di kota dan ingin berkebun, menanam bunga atau menanam sayur atau buah-buahan yang tentunya lebih lebih hemat.

sumber :kiraraonline.com
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s