Hobi Memelihara Hewan Peliharaaan Itu Mengasyikkan dan Penuh Tantangan

Banyak cara untuk menyalurkan kegemaran dan memanfaatkan waktu senggang, salah satunya dengan memelihara hewan peliharaan, seperti anjing maupun kucing. Selain menjadi hobi yang menarik, berinteraksi dengan hewan peliharaan pun ampuh mengusir stres dan rasa kesepian.

Hobi memlihara hewan peliharaan seperti kucing, kelinci, marmut, burung, ayam jago, dan lain sebagainya dapat berpotensi untuk menjadi ladang bisnis yang menggiurkan. Kita ambil contoh misalnya burung. Beberapa bisnis yang dijalankan dari hobi memelihara burung misalnya menjual khusus pakan ternak burung, sangkar burung, hingga jual burung itu sendiri. Silahkan bagi teman-teman yang hobi memlihara hewan peliharaan, patut dicoba untuk berbisnis sesuai jenis hewan peliharaannya.

Menurut Lia Kurtz, pencinta kucing sekaligus pemilik kafe kucing Cutie Cats Cafe, memelihara hewan peliharaan saat ini sudah lebih dari sekadar hobi. Memelihara hewan peliharaan merupakan sebuah gaya hidup tersendiri yang mempu memberikan kepuasan. Namun, pada dasarnya memelihara hewan khususnya kucing tidaklah mudah.

“Memelihara kucing itu gampang-gampang susah. Sebelum memelihara kucing, ada banyak pertimbangan yang harus kita pikirkan,” ujar Lia di sela-sela peresmian Cutie Cats Cafe di Kemang, Kamis (26/2/2015).

Lia menjelaskan, tidak hanya biaya yang harus diperhatikan, tetapi sebagai pemilik, Anda pun harus memiliki komitmen yang kuat agar kesejahteraan hewan peliharaan Anda terus bergulir. Jangan sampai Anda memelihara hewan peliharaan hanya untuk pamer atau sekadar mengikuti tren.

“Harus dipikirkan secara detail, tempat yang disediakan bagaimana, pilihan makannya, kalau nanti mau dikawinkan dan memiliki anak, apakah anaknya mau dipelihara juga atau tidak. Selain itu, kesehatannya juga harus diperhatikan. Vaksinasinya harus teratur, grooming (pemeliharaan) untuk bulu, kumis,, dan kuku juga harus rutin dilakukan. Banyak macamnya, karena kesehatan binatang peliharaan itu penting untuk kelangsungan hidup mereka,” terang Lia.

Pada kesempatan yang sama, Andrea Deierlein, Director of Marketing & Communications Groovy Indonesia, mengatakan, terdapat perkembangan dan kemajuan yang sangat signfikan dalam pemeliharaan hewan-hewan peliharaan seperti anjing dan kucing di Indonesia dalam lima tahun terakhir. Tentu hal ini adalah hal yang menggembirakan, yang berarti kepedulian masyarakat terhadap hewan semakin meningkat.

“Ini karena masyarakat semakin mengerti dan memahami bagaimana sebenarnya tata cara memelihara hewan peliharaan. Mereka semakin tahu dengan adanya informasi yang begitu banyak. Ini sangat menggembirakan karena hewan-hewan semakin sejahtera,” ujar Andrea ketika berbincang bersama Kompas Female.

sumber : kompas.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s