Pekerjaan Yang Cocok Bagi Anda Yang Hobi Komputer / Jurusan Komputer

Hobi dibidang komputer bisa dibagi dua. Pertama, dari sisi hardware dan kedua dari sisi software. Dari sisi hardware misalnya dia sering merakit PC. Sedangkan dari sisi software misalnya ia memperdalam salah satu software hingga ia kuasai, misalnya ia memperdalam software desain grafis seperti Corel Draw atau software edit video seperti Ulead Studio Video. Jika menciptakan sofware atau aplikasi sendiri maka nanti bisa dihubungkan dengan hobi programming. Sedangkan jika memperdalam software untuk desian grafis, maka bisa dihubungkan dengan hobi desain grafis.

Bagi anak-anak jurusan computer science, status komputer sudah melebihi level seorang pacar. Intensitas memegang komputer jauh lebih tinggi dibandingkan dengan aktifitas-aktifitas yang lain. Mereka bisa praktikum dari jam 8 sampai 5 sore. Malamnya diisi dengan “ngoding” sampai dini hari. Belum lagi yang kalau stress ngegame atau nonton video pakai laptop. Bah, komputer menjadi teman setia kapan saja dan dimana saja.

Tapi untunglah, mahasiswa komputer hanya perlu menghabiskan empat tahun untuk mendapat gelar sarjana. Jika ingin gelar master?hanya perlu tambah dua tahun lagi. Selepas itu, lulusan computer science dianggap telah sangat siap masuk ke dunia kerja. Kerja keras dan ketekunan mereka selama kuliah terbayar dengan banyaknya lapangan pekerjaan dan jumlah penghasilan yang bisa mereka peroleh. Kalau masalah harus “berduaan” dengan komputer lagi? Ah.. mereka sudah biasa.

Beberapa pekerjaan yang siap menjadi pilihan lulusan computer science cukup beragam. Mereka bisa bekerja di perusahaan yang telah establish, atau membangun software house sendiri. Yuk, coba kita lihat, pekerjaan apa saja yang bisa dimiliki oleh seorang computer science.

IT Consultant

Orang Indonesia biasa menyebut mereka dengan ahli komputer. Iya sih, Konsultan IT harus serba bisa. Dari perencanaan, design, instalasi dan pengembangan system sesuai dengan permintaan client. Di luar negeri, mahasiswa computer science ikut dibekali pengetahuan bisnis. Karena, seorang konsultan IT juga harus menganalisa kebutuhan client sesuai bisnis apa yang mereka jalankan seiring mereka melakukan kontrak kerja sama. Profesi konsultan IT cukup diminati meskipun profesi ini mempunyai tingkat stress yang cukup tinggi. Namun memang pekerja IT sudah cukup terbiasa dengan alur dan resiko dari pekerjaan mereka sebagai seorang ahli teknologi. Penghasilan yang mereka dapatkanpun cukup besar. Di Indonesia konsultan IT mampu mengumpulkan Rp.6000.000 – 14.000.000 untuk level junior *tergantung skala perusahaan. Dan di luar negeri, mereka bisa mengumpulkan gaji sebanyak $65.727 setiap tahun. WOW!

Cyber Security Consultant

Di beberapa film Hollywood, profesi cyber security consultant di gambarkan menjadi sebuah profesi yang keren. Mereka adalah orang-orang yang melindungi sebuah data dari proses hacking , bisa juga sih jadi hacker jika sedang dibutuhkan. Permintaan untuk profesi ini semakin tinggi seiring dengan banyaknya perusahaan yang mulai beraktifitas dan menyimpan seluruh dokumen penting dengan cara digital. Cyber security consultant juga berperan dalam sebuah forensic analisis cyber-crime serta kegiatan lain yang membutuhkan usaha mereka untuk menguak kejahatan yang dilakukan melalui internet.

Information Systems Manager

Masih mirip-mirip dengan IT Consultant, Information Systems Manager bersifat lebih menyeluruh dan bersifat full time worker untuk sebuh perushaan. Tugas mereka bukan hanya mempastikan teknologi informasi di kantor berjalan baik, mereka jugalah yang memaintain seluruh hardware yang digunakan. Menjaga data-data digital, pengadaan dan perbaikan alat serta mempastikan seluruh software yang digunakan staff perusahaan lancar dan legal.

Database Administrator

Seorang database administrator bertugas untuk mengkelola seluruh data perusahaan. Mereka memantau alur database semenjak penginputan sampai proses pengamanan. Akses para staff ke berbagai data tersebut juga ditentukan oleh database administrator.

Multimedia Programmer

Programmer adalah profesi yang membutuhkan kegigihan extra. Jika penulis hanya perlu bercerita dengan bahasa, tapi programmer harus menulis dengan bahasa pemrograman. Mereka akan menggunakan html,php, bahasa c++ dan lain-lain. Dengan bahasa pemograman inilah mereka akan membuat sebuah website maupun software yang dibutuhkan oleh perusahaan

Game Developer

Nah! Pekerjaan yang satu ini nih yang sedang naik daun. Menjadi seorang game developer. Dari anak usia dini dan seorang dewasapun gemar memainkan game. Kompetisi game juga kerap kali di selenggarakan tempo hari. Jadi pantaslah, game-game house mulai bermunculan dan para game developer berbakat mulai mengasah kekreatifitasan mereka dalam menciptakan sebuah game yang bermutu.

sumber : vistaeducation.com

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s