5 Manfaat dan Pelajaran bagi Yang Suka Hobi Main Game

Anda Hobi Main game ? yap, Ini ada pelajaran penting dan bermanfaat ketika main game.

Bermain game bagi sebagian orang adalah kegiatan yang menyenangkan. Bahkan, bagi mereka, bermain game adalah hobi yang lebih menarik dibandingkan otomotif atau hal lainnya. Tapi bagi sebagian orang, bermain game merupakan kegiatan yang menggangu.

Tidak sedikit yang berpikir bahwa bermain game itu membuang waktu dan tenaga saja. Padahal, main game juga punya sisi positif yang jarang diperhatikan oleh orang. Setidaknya hal ini pernah saya alami. Secara tidak sadar, saya banyak belajar dari kegiatan saya bermain game ketika dulu masa sekolah.

Lantas, apa pengaruh positif yang bisa diambil dari bermain game? Berdasarkan pengalaman saya pribadi, bermain game mengajarkan saya 5 hal berikut ini.

1.  Belajar Bahasa Inggris Lebih Menyenangkan

Waktu sekolah dulu, saya tidak ikut les bahasa Inggris. Tapi saya belajarr bahasa Inggris dari bermain game. Efeknya, nilai bahasa Inggris saya di sekolah tidak jelek. Bahkan bisa setara dengan mereka yang les bahasa Inggris.

Itu karena saya sering bermain game jenis RPG (Role Playing Game). Game RPG ini biasanya banyak mengandung dialog dan cerita. Agar saya bisa mengerti cerita dan dialognya, saya pun sering cari tahu arti dialognya di kamus.

Jadi kalau kesulitan belajar bahasa Inggris, cobalah bermain game karena belajar dengan cara menyenangkan biasanya akan lebih menerap di otak.

2. Belajar untuk Memecahkan Masalah

5 Pelajaran Penting dari Hobi Bermain Game

Ada banyak permainan di konsol maupun di PC yang menuntut kita untuk memecahkan suatu masalah. Misalnya, jenis permainan strategi perang, ataupun jenis permainan petualangan yang mengharuskan kita memilih jalur cerita yang kita inginkan. Secara tak sadar hal ini mengajarkan pada saya penting strategi dan pencarian solusi ketika masalah datang.

3. Belajar untuk Menciptakan Karya

Keseringan bermain game akan membuat kita juga jadi kreatif. Sama seperti ketika kita membaca komik, maka kita jadi kreatif dan terinspirasi membuat karya seperti komik-komik yang kita baca.

5 Pelajaran Penting dari Hobi Bermain Game

Begitu juga dengan bermain game. Seringnya bermain game membuat kita bisa terisnpirasi dalam menciptakan berbagai karya. Misalnya membuat cerita yang terinspirasi dari game RPG, atau bahkan kita bisa membuat karya kreatif yang membahas game-game tersebut. Seperti channel Youtube yang membahas game misalnya.

Selain itu, kita juga bahkan punya potensi untuk berkarier di dunia industri game. Berkarier di industri ini memiliki peluang besar seiring dengan perkembangan game yang cukup pesat. Penghasilannya besar–besar, yang bahkan bisa mengalahkan gaji karyawan.

4. Belajar untuk Tidak Melakukan Kekerasan

Ada kekhawatiran banyak orang kalau terlalu banyak game akan memberikan efek negatif. Misal, memainkan game yang mengandung kekerasan akan membuat si pemain melakukan tindak kekerasan.

Ternyata hal tersebut salah.

Ada sebuah penelitian yang menyatakan kalau bermain game justru akan meminimalisir pemainya untuk melakukan tindak kekerasan. Bisa jadi hal ini karena dengan bermain game tersebut, kita bisa belajar betapa kekerasan itu menyakitkan. Atau mungkin “sisi  kekerasan” kita tersalurkan ketika bermain game.

5. Belajar untuk Bertindak Positif

Menyambung dalam poin nomor 4, bermain game akan membuat kita bisa melakukan hal positif. Hal positif ini bisa mengacu pada banyak hal, semisal membuat kita bisa lebih paham tentang betapa pentingnya kebaikan terhadap sesama.

Atau membuat kita memiliki jiwa patriotisme. Karena tidak sedikit game yang memuat sisi patriotisme prajurit seperti game perang maca Call of Duty atau Battlefield.

Game juga mengajarkan kita untuk lebih sosial. Hal ini mendobrak dari pakem kalau bermain game akan membuat kita jauh dari kehidupan sosial. Pokemon Go adalah contoh game yang mendobrak pakem tersebut.

Saya yakin, sebenarnya masih banyak sisi positif dari bermain game. Tapi, 5 hal tersebut yang sempat saya alami sendiri. Punya hal positif lainnya?

Sumber Gambar via Wikipedia dan Pixabay, sumber : 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s