Anda Hobi Berburu Rusa? Ini Hal yang perlu di siapkan Sebelum Perburuan

  1. Dapatkan ijin resmi dari kantor Kementrian Konservasi Lingkungan lokal atau kantor Kementrian Sumber Daya Alam. Cek website resminya. Di sana akan kamu temukan informasi dan syarat-syarat untuk mendapat perijinan berburu rusa. Biaya perijinan berkisar antara $40 hingga $200, tergantung tiap daerah, setelah itu kamu akan mendapatkan info-info penting untuk peburuan nanti:
    • Seberapa lama musim perburuan berlangsung. Biasanya, “musim” itu terbagi dari jenis senjata yang digunakan—contohnya : senapan, busur dan panah, dll.
    • Berapa ekor yang boleh diburu
    • Jenis rusa apa yang boleh diburu
    • Syarat keamanan lainnya, seperti baju saat berburu dan jam perburuan
  2. Perhatikan juga tentang hukum penggunaan senapan di daerahmu. Karena biasanya, para pemburu paling banyak menggunakan senapan. Pergilah ke kantor perijinan penggunaan senapan di daerahmu. Jangan pernah main-main dengan hukum, patuhi, bila memang tidak bisa menggunakannya pakailah busur atau panah yang penggunaannya lebih aman. Jika sudah paham dan semua syarat sudah terpenuhi, segeralah buat perijinan berburu.
  3. 900px-Go-Deer-Hunting-Step-4.jpg
    Pakailah baju berburu sesuai ketentuan. Apa yang kamu pakai mungkin terlihat sepele, tapi itu jelas lebih dari perkiraanmu tentang seberapa pentingnya pakaian itu untukmu. Saat kamu bertemu pemburu lain, cobalah untuk berbaur, lalu bertanyalah tentang hal yang tidak kamu mengerti, yang kamu pakai nanti, itu yang menentukan perburuan ini berhasil atau tidak.

    • Orange. Rusa tidak dapat melihat dengan baik.Jika kamu akan menggunakan senapan, pastikan seberapa banyak orange yang akan kamu pakai.
    • Kamuflasi. Buatlah baju yang akan dipakai nanti terlihat bagus, bisa berbaur dengan warna sekitar namun juga terlihat keren. Tergantung dari musim yang sedang berlangsung, kamu bisa menyesuaikan warna yang akan dipakai nantinya.
    • Sepatu/Boots. Belilah sepasang Gore-Tex, 800-Gram of Thinsulate-Ultra Insulation, Cordura Nylon. Gore-Tex mampu membuat sepatumu anti air, 800-Gram of Thinsulate-Ultra Insulation akan membuat kakimu tetap terasa hangat, dan Cordura Nylon akan membuat bahan kulit pada sepatumu awet lebih lama.
  4. Gambar berjudul Go Deer Hunting Step 14
    Dapatkan peralatan yang tepat dan sesuai. Disamping senjata yang digunakan, baju, stamina, kamu tentu akan membutuhkan peralatan yang tepat dan sesuai. Saya akan bagikan beberapa saran yang mungkin bisa kamu pakai saat berburu nanti.

    • Penghangat Kursi. Ini akan membuatmu tetap hangat ketika sedang berburu. Carilah sedikit foam. Potong foam sekitar 8 inch, lalu ikatkan pada kursi yang akan dipakai berburu. Perlu diingat, sebaiknya ini hanya dipakai saat cuaca dingin, hujan atau bersalju.
    • Teropong. Hal yang akan paling sering kamu lakukan ketika berburu adalah menghabiskan waktu dengan duduk diam. Jika kamu memiliki teropong yang bagus, kamu tentu lebih bisa menentukan jarak dan waktu sebelum kamu mulai membidik sasaranmu.
    • Kotak Peralatan. Kamu perlu membawa kotak peralatan yang memungkinkan untuk diisi semprotan anti serangga, lampu senter, pisau kecil, P3K, kompas, korek api, dll.
  5. Gambar berjudul 14941 5
    Temukanlah dahulu lokasi Rusa jantan biasanya lewat. Jika memang itu yang menjadi buruan utamamu – kenapa tidak? – kamu harus tahu dimana lokasinya. Rusa jantan yang besar biasanya lebih pintar, otak mereka berkembang dengan pemikiran untuk sebisa mungkin tidak bertemu manusia dan agar terhindar dari para pemangsa di alam liar. Maka dari itu, saya akan bagikan saran lokasi mana saja yang memungkinkan untuk bisa menemukan mereka:

    • Cari tempat yang nampak lebat, yang tidak memungkinkan bagi manusia untuk menapakinya, di sanalah rusa biasanya berdiam. Semak-semak cedar, rawa, temukan jejak kaki rusa, dan tunggulah di sekitar area tersebut.
    • Rusa yang besar biasanya berada di tempat teduh dan agak tinggi untuk istirahat. Di sinilah mereka biasanya berlindung dari ancaman pemangsa ataupun dari manusia.
    • Di pinggiran sungai kecil juga biasanya terdapat rusa besar berdiam. Di tempat seperti ini para rusa bisa minum dan beristirahat tanpa merasa terancam.
  6. 900px-Go-Deer-Hunting-Step-7.jpg
    Jika memang diperlukan, persiapkanlah tree stand, walau biasanya sudah tersedia di lokasi. Namun, akan lebih baik jika membawa persiapan sendiri. Tentukan beberapa lokasi berbeda sebelum memulai perburuan, karena rusa sering berganti kebiasaan. Perubahan cuaca dan aktivitas manusia benar-benar bisa mempengaruhi mereka.

    • Ada beberapa macam merk tree stand yang bisa kamu pilih. Harga berbeda dari besar kecil, bentuk, fitur tambahan pada tree stand seperti tangga, dan bahan yang dipakai.[5]
    • Buatlah tree stand yang simpel namun bisa dipakai pada pohon yang cukup tinggi. Tak perlu bagus, yang penting aman ketika kamu mendudukinya.
  7. Gambar berjudul Go Deer Hunting Step 10
    Tempatkanlah umpan di beberapa lokasi bila kamu sudah mendapatkan ijin berburu. Namun di beberapa daerah tidak memperbolehkan untuk menaruh umpan pada jarak 300 yard, jadi bila akan menaruh umpan, sebaiknya 1 minggu atau 10 hari sebelum berburu. Contoh umpan yang disukai rusa:

    • Jagung
    • Apel
    • Wortel
    • Mineral licks
    • Gula Bit

     

     

    sumber : id.wikihow.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s