Berbahagialah Anda Dengan Hobi memasak

Apakah Anda termasuk orang yang hobi memasak? Jika ya, jangan sia-siakan. Hobi adalah karunia Tuhan yang Anda dapatkan tanpa perjuangan. Anda sudah tinggal pakai. Tugas Anda adalah mensyukuri dan memanfaatkannya untuk tujuan yang positif.

Untuk melakukannya, Anda tidak perlu berpikir yang rumit. Cukup Anda melakukannya langsung. Salurkan hobi Anda itu ke dalam aktivitas yang kira-kira secara waktu dan tenaga dapat Anda jalankan sepenuh hati karena Anda mencintainya.  Pasti Anda akan mendapatkan kesenangan. Jika hasilnya bagus, Anda juga akan mendapatkan kepuasan dan kebanggaan. Akumulasi ini akan memproduksi kebahagiaan. Apalagi jika Anda punya tujuan atau target yang tinggi dan terukur. Pasti semakin luar biasa.

Misalnya Anda berpikir hobi ini akan Anda jadikan sebagai aktivitas profesional atau usaha bisnis ketika sudah tidak bekerja lagi nanti, atau untuk persiapan menjelang tua dimana kebutuhan finansial keluarga saat itu sangat besar. Tapi jika dimanfaatkan untuk mengisi waktu luang, sekaligus menghasilkan hidangan lezat bergizi bagi keluarga, tentu merupakan hal yang positif juga.

Kata orang bijak, seseorang akan mendapatkan kebahagiaan ketika sudah menemukan tiga hal: a) kegiatan yang benar-benar ia jalani sepenuh hati karena cinta, b) tujuan yang menjadi tempat pengabdian, dan c) orang yang dicintai dan mencintai.

Bahkan menurut sejumlah riset ilmiah ditemukan bahwa hobi yang disyukuri (baca: digunakan) dapat berdampak pada relaksasi jiwa dan penurunan stress, dalam hal hobi memasak konon efeknya termasuk pada aromaterapi.

Majalah New York Daily menulis bahwa memasak itu adalah bagian dari terapi. Sebagai terapi, memasak dapat dipakai sebagai aktivitas untuk mengurangi stress dan  mengobati sakit hati.

Malah ditemukan juga bahwa orang yang melakukan aktivitas fisik dengan sepenuh cinta hanya 20 menit seminggu dapat berkurang membuat tidak cepat letih. Luar biasa kan? Tidak hanya itu yang akan kita dapatkan jika kita optimal mensyukuri hobi.

Pernah Anda menontoh film Julie & Julia, atau kisah sukses yang berangkatnya dari hobi masak di majalah atau di TV? Hobi tidak saja membuat kita bahagia dan membahagiakan orang lain dalam keluarga, hobi yang terus dikembangkan juga akan membuat kita sejahtera.

sumber : sahabatnestle.co.id

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s