Hobi Berkebun : Teknik Membedakan Bunga Jantan dan Betina Pohon Kurma

 

Perbedaan Bunga Kurma Jantan Dan Betina: Indonesia merupakan negara yang masih baru mengembangkan atau membudidayakan tanaman phoenix dactylifera (Kurma) yang masih kerabat dengan palem Sawit.  Cara mengetahui pohon kurma jantan betina dapat dilakukan dengan melihat bentuk pelepah serta susunan daun-nya (metode ini belum sepenuhnya akurat), namun identifikasi yang paling mudah adalah dengan mengenali perbedaan pada bunga.

Cara membedakan Bunga Kurma jantan betina

Secara visual, perbedaan bentuk dari bunga sangat mencolok antara jantan dan betina seperti pada gambar di atas, tanaman Kurma adalah dioecious atau tumbuhan berumah dua, Artinya ada pohon kurma jantan dan betina. Setelah mencapai tahap kematangan, jantan berproduksi bunga yang menghasilkan serbuk sari (pollen) dan pohon kurma betina berproduksi bunga yang akan menjadi buah sempurna, jika diserbuki secara alami (melalui angin, lebah dll) atau secara buatan dengan bantuan manusia.

CARA MEMBEDAKAN BUNGA JANTAN DAN BETINA

Mengetahui ciri-ciri pohon kurma jantan dan betina melalui bunga adalah pengetahuan paling dasar dan penting sebagai bekal awal untuk mengidentifikasi pohon. Cara membedakan bunga kurma jantan dengan betina dapat diketahui sebagai berikut:

  • Ukuran panjang dan bentuk mancung (pembungkus bunga kurma).
  • Warna mayang ketika sudah terbuka atau mekar.

UKURAN DAN BENTUK MANCUNG JANTAN

Mancung yang mucul dari pohon kurma jantan cenderung berukuran pendek, ukuran dalam panjang skala CM sangat bervariasi tergantung dari varietas. Bentuk mancung bunga jantan lebih besar (gemuk berisi), juga memiliki ciri khas dengan kulit mancung lebih lunak dari betina. Bentuk dan ciri-ciri umum mancung bunga kurma jantan silakan lihat gambar di bawah:

Pembungkus bunga kurma jantan
silahkan tunggu teknik selanjutnya ya
sumber : Organikilo.co
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s