Hobi Memancing Gak Hanya Asyik Tapi Banyak Manfaatnya lho

MEMANCING ternyata bukan hanya sekedar menyalurkan hobi. Sejumlah manfaat pun bisa diambil. Sehingga, orang  yang memiliki hobi memancing akan selalu ceria dalam kesehariannya.
Sebuah artikel yang ditulis di grup Komunitas Mancing Mania Grobogan cukup menarik untuk disimak. Bukan hanya oleh para penghobi mancing, tapi juga bagi mereka yang belum merasakan ‘nikmatnya’ memancing.

Dalam artikel itu ditulis, cukup banyak alasan yang menyebabkan para pemancing mania rela duduk berjam-jam di tempat memancing, menunggu umpan disambar ikan. Meski hasil tangkapannya tak lebih banyak dari biaya yang dikeluarkan.

Bahkan, para pemancing rela merogoh kocek dalam-dalam untuk mengeluarkan uang ratusan ribu, atau jutaan rupiah hanya untuk membeli peralatan mancing.

Disebut sebagai pemancing mania karena memang orang tersebut mau menggeluti hobi yang satu ini dengan cara ekstrim. Untuk berburu ikan pun terkadang mengorbankan waktunya bersama keluarga atau jam kantornya.

Lantas, apa alasan mereka menjadi pemancing mania?

1. Mancing adalah hobi yang menyenangkan.

Dengan memancing, orang dapat merasakan pengalaman asyiknya menarik ikan. Karena saat itulah, waktu yang paling mengesankan bagi para mancing mania. Saat ikan mulai menyambar, tangan pemancing dengan cepat menarik jorannya, lalu huup… strike….!!

Pemancing pun dengan hati senang menarik ikan yang sudah nyangkut di kailnya. Saat itu pula lah, pemancing ‘bertarung’ dengan kekuatan ikan. Saling tarik menarik pun terjadi. Inilah kepuasan yang tidak bisa ditukar oleh apa pun.

Kalau pemancing sedang strike, muncul anekdot, “Lo tukar sama bini lo juga kagak bakal gua kasih….”

2. Mancing akan mendapatkan manfaat kesehatan.

Mancing juga merupakan sarana olahraga. Bagi pemancing mania, olahraga memancing akan mengaktifkan fisik, mulai dari melempar umpan dengan joran ke tengah air/laut, menarik reel ketika strike, menarik ikan yang sudah mendekat, dan aktifitas fisik lainnya. Sehingga pemancing akan mendapatkan kesehatan dan kebugarannya.

3. Mancing obatnya stress.

Para pemancing mania pastilah sudah tahu bahwa aktivitas mancing dapat menghilangkan kepenatan di pikiran, mengurangi perasaan bosan, karena seminggu penuh berhadapan dengan rutinitas di kantor.

Bahkan, memancing dapat menumbuhkan kegembiraan, sekaligus menghilangkan stress yang mungkin tengah dialami.

4. Memancing melatih kesabaran.

Pemancing mania biasanya adalah orang yang sabar.. benarkah? Berbeda dengan orang sabar dalam hal temperamen, memancing memberikan efek sabar dalam sebuah usaha meraih sesuatu.

Misalnya, saat memancing, pasti membutuhkan waktu yang tidak sebentar, bisa ber jam-jam menunggu umpan disambar ikan. Malahan, walaupun sudah disambar ikan, terkadang ketika pemancing menggentak (menarik joran dengan cepat dan tepat), kegagalan pun bisa terjadi. Ikan tidak berhasil nyangkut di pancing alias lolos.

Memancing bisa menjadi pembelajaran bagi anak dari teknik melatih kesabaran dan konsentrasi. Sebagai contoh, ketika umpan sudah dilempar, maka pemancing akan memperhatikan ‘umbul’ (benda mengapung yang berwarna, sebagai tanda ikan sudah menyambar umpan).

Ketika memperhatikan umbul, di situlah pemancing butuh kesabaran dan konsentrasi. Sebab, pada saat itu, pemancing beradu cepat dengan ikan. Waktu ikan menyambar, hitungannya danya detik. Jika pemancing tidak konsentrasi, maka waktu menggentak pun tidak lagi tepat. Dan, ikan pun lolos.

Inilah uniknya, terkadang berhasil, terkadang gagal. Namun tak ada kata menyerah dan tetap berkonsentrasi.

sumber : netralitas.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s