Tips Dan Cara Mudah Memancing Ikan Besar Di Laut Yang Benar Dan Sederhana

Hai mancing mania, bagaimana kabarnya semua? baik-baik aja kan tentunya. Oy, di kesempatan kali ini kami ingin membagikan sedikit ilmu yang barangkali bisa membantu dan menambah teknik memancing untuk para pemancing dimanapun anda berada. Teknik dalam memancing ynag benar dan tepat sangat diperlukan bagi pemancing maniaa, sebab dengan tips, trik dan teknik cara memancing ikan yang benar anda bisa mendapatkan ikan buruan yang anda harapkan. Bagi anda yang suka fishing/memancing di laut tentu paham betul dengan karakter laut seperti apa.

Nah, berkaitan dengan itu kali ini kami akan fokus membahas teknik memancing ikan besar maupun ikan kecil yang terdapat di daerah sekitar laut. Adapun daerah sekitar laut dapat di dibagi menjadi 4, yaitu: teknik memancing ikan dari atas batu karang, teknik memancing ikan di atas dermaga, teknik memancing ikan di pinggir pantai, dan teknik memancing ikan di tengah laut atau sering kita dengar dengan sebutan offshore.

1. Teknik memancing ikan dari atas batu karang.
Teknik mancing ikan di laut yang pertama adalah teknik memancing ikan dari atas batu karang atau bisa disebut juga rockfishing. Dengan memancing di atas batu karang biasanya kita akan strike mendapatkan ikan dengan ukuran yang besar. Banyak orang menyukai spot ini itu karena ada tantangan kita harus mencapai batu karang yang curam dan terjal yang tentunya berbahaya, jika anda ragu sebaiknya jangan memancing di spot ini. Selain ada tantangannya, para mancing mania tertarik dari hasil pancingan mendapatkan ikan berukuran besar.

Untuk piranti atau alat pancing yang digunakan haruslah jejer atau joran ynag kuat begitu juga senarnya yang berkuran sedang sebab buruan kita kali ini adalah ikan yang besar. Sedangkan untuk umpannya, anda bisa memakai umpan irisan ikan, udang mati, cacing laut, udang hidup, kepiting kecil, ikan kecil hidup, selain itu anda bisa juga memakai umpan tiruan.

2. Teknik memancing ikan di pinggir pantai.
Berikutnya adalah teknik memancing ikan di pinggir pantai atau sering juga disebut sebagai surfishing. Alat piranti spinning adalah alat pancing yang sering digunakan untuk memancing ikan di pinggir pantai yang berpasir. Tapi anda bisa memakai piranti jenis lain, dari alat pancing kecil hingga sedang bisa menjadi pilihan anda yang tentunya disesuaikan dengan jenis ikan apa yang sedang anda buru. Untuk umpannya anda juga harus tau benar kira-kira umpan apa yang pas. Nah berikut jenis umpan yang sering digunakan, yaitu: irisan ikan, kepiting kecil, cacing laut, udang, selain itu umpan tiruan juga bisa menjadi alternatif umpan yang baik lhoo.

3. Teknik memancing ikan dari atas dermaga
Teknik memancing ikan selanjutnya adalah dengan memilih memancing ikan dari atas dermaga kayu, atau bisa dari pinggir pelabuhan, atau yang biasa mancing mania lakukan yaitu di tempat penahan gelombang air laut. Banyak mancing maniaa memancing dari atas dermaga karena selain spot ini lebih nyaman kita juga bisa mengajak anggota keluarga kita untuk sekalian berekreasi sambi memancing atau sebaliknya. Selain itu anda bisa mendapatkan ikan yang besar seperti ikan kakap putih, ikan pari, ataupun ikan pemangsa seperti ikan hiu.

Tapi sebaiknya berhati-hati karena lokasi ini sangat berbahaya untuk anak kecil, jadi harus lebih waspada jika anda mengajak anak anda di spot mancing ini. Anda sebaiknya menggunakan alat piranti mancing yang mudah digunakan seperti yang anda pakai di teknik mancing di atas batu karang yaitu spinning. Umpannya sama saja dengan umpan yang anda pakai saat memancing ikan di pinggir pantai yaitu: irisan ikan, kepiting kecil, cacing laut, udang(udang mati atau udang hidup), selain itu umpan tiruan juga bisa anda gunakan.

4. Teknik memancing ikan di tengah laut
Teknik memancing ikan berikutnya adalah teknik memancing ikan di tengah laut atau sering disebut offshore, nah bagi anda yang suka memancing ikan di tengah laut, ada beberapa teknik dan tips yang bisa anda lakukan, yaitu;

a.) Teknik memancing ikan dengan menggunakan layang-layang atau nama keren lainnya kite fishing.
Teknik memancing ikan di permukaan air laut dengan mengguanakan layang-layang emang jarang kita temukan, tapi bisa saja anda menggunakan teknik ini, sebab dengan teknik ini anda dapat menjauhkan umpan sampai pada jarak yang anda inginkan dan juga untuk tetap menjaga umpan agar tetap di atas permukaan air laut. Selain layang-layang anda bisa menggunakan balon juga.

Teknik kite fishing ini sering dipakai untuk menangkap ikan permukaan atau pelagis. Pernah juga ditemukaan beberapa orang menggunakan jerat untuk menangkap ikan pelagis besar maupun ikan pelagis kecil. Jenis alat piranti yang bisa anda gunakan adalah yang bertype spinning sangat cocok.

    b.) Teknik memancing ikan di dasar laut/ jebluk atau nama keren lainnya bottom fishing.
Teknik memancing dasar laut ini adalah dilakukan di atas perahu yang berhenti dan di pasang jangkar supaya perahu tetap tenang di lokasi yang di anggap pas dan di percaya terdapat banyak ikan berkumpul, seperti di daerah terumbu karang/ gugusan karang. Adapun alat piranti nya anda bisa siapkan yang bertype conventional sebab dengan senar kenur yang berukuran menengah dan tali pancing yang cukup panjang sangat cocok jika spot pancingnya berpotensial mendapatkan ikan besar/big fish, atau bisa di bilang monster laut, hehehhe.

Sedang untuk pemberatnya gunakan pemberat timah agar umpan tenggelam sampai dasar laut. Sebaiknya anda siapkan juga alat piranti yang bertype spinning yang akan lebih asyik untuk menarik strike tangkapan ikan kecil, ata bisa juga byang bertype baitcasting. Adapun umpan yang bisa anda gunakan adalah: ikan kecil yang masih hidup, irisan daging ikan, cacing laut, dan udang(udang mati atau uang hidup).

    c.) Tekning mancing tonda atau nama bekennya teknik memancing trolling.
Teknik trolling ini sering kita lihat di acara televisi dimana teknink ini menggunakan umpan segar/ umpan hidup/ umpan tiruan dan dilepaskan/ dihela di belakang perahu dan dengan hentakan akan bergerak maju pada kecepatan sesuai tarikan hentakan kita. Kami sangat menganjurkan anad untuk memakai alat piranti conventional karena kali ini kita sedang menargetkan ikan besar seperti ikan giant travelling/ ikan gt.
    d.) Teknik memancing ikan dengan hentak atau ngorek, yang nama kerennya jerking.
Teknik ini pada dasarnya sama dengan teknik memancing ikan dasar, perbedannya teknik ini menggunakan umpan tiruan/umpan palsu dimana setelah umpan dirasa sampai dasar anda mengulung kenur/sener sambil menghentakannya, seakan-akan umpannya seperti hidup. Jika sudah sampai kepermukaan ulangi terus sampai ada ikan yang menyambar umpannya. Untuk mendukung tekning mancing jerking ini, sebaikknya gunakan piranti jenis conventional sebab jika ikan besar yang menyambar umpan maka anda sudah siap. Tapi memakai piranti bertype spinning dan biatcasting juga boleh jika anda ingin mencobanya.

e.) Tekning memancing ikan dengan hanyutkan umpan atau drifting.
Teknik ini bisa anda lakukan dengan menjalankan perahu perlahan di area sekitar gugusan karang/ terumbu karang tempat ikan berkumpul dan hanyutkan umpan sehingga umpan akan terlihat hidup dan nantinya akan memancing perhatian ikan pancingann. Apabila ada ikan yang meenyambar ikan biasanya dengan segera jangkar akan di lempar agar si pemancing mania bisa menyelesaikan strike nya. Alat piranti nya bisa yang berjenis conventional, baitcasting, maupun spinning. Sedangkan umpan yang baik adalah umpan ikan hidup biar lebih menarik perhatian ikan.

Bagaimana para pecinta mancing? sudah puas kah anda dengan tips dan trik dari kami mengenai teknik cara memancing yang benar. Demikian tips jitu memancing ikan di spot di pinggir pantai, di tengah laut maupun di atas dermaga dan batu karang. Makassih ya bro dan sist yang sudah bertengger mampir ke artikel kami dan kami harap artikel kami ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan khususnya untuk kami sendiri. Tapi sesungguhnya anda bisa berkreasi sendiri mengenai teknik memancing yang anda sesuaikan dengan lokasi atau spot tempat favorit anda memancing.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s