Hobi Menulis? Begini Cara Jitu Menghasilkan Uang dari Tulisan

Saat ini semakin banyak orang berhasil meraup untung dari hasil tulisan mereka. Pada satu pertemuan para blogger, saya iseng-iseng bertanya kepada salah seorang fashion blogger, food bloger, dan travel blogger, “berapa sih penghasilan kamu tiap bulan dari menulis?” Jawaban mereka membuat saya kaget. Pasalnya, angka yang mereka sebutkan tidak sedikit.

Menulis? Siapa yang nggak bisa? Ini mah kerjaan gampang!

Semakin banyaknya portal untuk menulis, semakin membuat kamu tergerak untuk mulai menulis. Iya, kan? Contohnya di Zetta Media Network ini, ada 10 portal yang bisa kamu kunjungi dan di tiap portal bisa kamu isi dengan bermacam-macam tulisan. Nggak ada salahnya kamu coba menulis satu tulisan di moola.id mengenai cara ngatur uang. Nah, jadikan media ini sebagai tempat kamu berlatih menulis, mumpung nggak bayar!

Nanti, suatu saat kalau kamu sudah terbiasa menulis, kamu akan berpikir bahwa suatu hari nanti kamu bisa meraup untung dari menulis blog sendiri. Saat ini semakin banyak platform menulis yang bukan hanya sebagai media untuk mengekspresikan pikiran dan seni, tapi juga untuk menghasilkan uang. Sebelum memutuskan untuk mengikuti jejak blogger sukses, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

1. Memaksimalkan Konten

Photo Credit: Letsintern

Menulis di portal, platform, atau blog sama saja sebenarnya dengan kamu menulis di diary. Hanya saja jika kamu menulis di portal, platform, atau blog, orang sedunia bisa membaca tulisan kamu, sementara diary tidak. Memaksimalkan konten di portal, platform, atau blog berarti memberi lebih banyak manfaat kepada orang lain.

Bagaimana Caranya ?

Pertama, pilih tema yang sempit dan paling dikuasai. Ini dikarenakan tulisan akan berkembang jika ditulis secara continue. Jika kita tidak menguasai tema, maka akan stuck.

Kedua, posting konten dengan batas minimal 1.500 kata. Frekuensi posting tidak penting. Boleh jadi jumlah posting di blog hanya sekitar 30-an (sebulan sekali) dengan jumlah kata 2.000-an di tiap postingan namun jumlah pengunjung selalu mengalami peningkatan.

Ketiga, jadilah sumber informasi terlengkap. Jika orang lain menulis “3 Cara Ngeblog” atau “3 Cara Menambah Penghasilan dari Ngeblog” maka perkaya tulisanmu dengan judul “99 Cara Ngeblog” atau “1001 Cara Menambah Penghasilan dari Ngeblog”. Jika tulisan lain tak ada gambar, statistik, atau data pendukung lain. maka tulisan kamu harus ada.

2. Menyusun Daftar Influencer di Media Sosial

Buatlah susunan daftar influencer dan mulailah membuat backlink dengan cara mengutip link kamu ke postingan beberapa penulis populer dalam setiap tulisan di blog kamu. Zetta Media Network sendiri punya penulis-penulis top papan atas sepertiKak Ollie dan Mas Ega. So, jangan ragu memulai dari sini ya! Usahakan setiap tulisan yang kamu publish mengandung minimal dua link penulis top tadi. Setelah itu, kirim email ke penulis top tersebut agar mereka mau berbagi postingan kamu dengan pembaca atau pengikutnya.

3. Menulis dengan Karakter dan Ciri Khas

Photo Credit: Doreen McGettigan

Tulisan kamu harus punya karakter dan ciri yang tidak dimiliki orang lain, ini namanya personal branding. Personal branding akan membuat kamu lebih dikenal sehingga lebih mudah buatmu untuk menyampaikan pesan ke pembaca melalui tulisan yang mudah dipahami, kredibilitas informasi yang diberikan, dan memiliki daya tarik tersendiri.

Pertama, perhatikan tampilan tulisan kamu karena orang lain akan melihat dan menangkap kesan pertama pada saat berkunjung ke tulisan kamu. Pilihan kalimat, gambar, dan sebagainya bisa menjadi pemikat orang yang membaca.

Kedua, perbaiki lagi tata cara menyampaikan pesan. Jika konten utama tulisan kamu berupa pesan maka pesan yang kamu tulis haruslah jelas dan mudah dimengerti supaya pembaca mudah memahami informasi yang ditulis.

Ketiga, perhatikan juga kredibilitas informasi. Semakin banyak informasi yang kredibel maka kamu akan semakin dekat kepada target pasar. Pemberian data pendukung artikel yang kamu tulis akan menambah kualitas konten tulisan kamu. Konsumen akan mendekat jika ada kualitas yang ditawarkan, sehingga pastikan data pendukung atas informasi yang kamu sampaikan sudah cukup memadai.

4. Menjadi Problem Solving

Ada kalanya pembaca mencari jawaban atas permasalahan yang sedang dihadapinya. Tulisan yang keren adalah tulisan yang dapat memecahkan masalah penting yang dihadapi pembaca. Jika memungkinkan kamu bisa mengubah hidup orang banyak lewat tulisan kamu dan membuat orang lain lebih sukses.

5. Menulis dengan Hati

Photo Credit: 95 Percent The Advertising Academy

Gunakan penghayatan dalam menulis. Ini penting sebab tanpa penghayatan, tulisan tidak akan bernyawa. Buatlah tulisan yang baik karena good news is still a good news, sesuatu yang baik hanya berasal dari sesuatu yang baik. Selain itu, pertahankan endurance menulis dan sebisa mungkin membuka peluang interaksi dengan pembaca.

sumber : http://moola.id

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: