Buat Kamu Yang Hobi Menulis, Lanjutan ke -4 ya guys

Sudah membaca 7 Cara Dewi Lestari Menulis Berikut Ini Akan Membantumu Mendapatkan Semangat dan Inspirasi dari yang Nomer 1-3 ? kalau belum disimak dulu ya 🙂

Oke, Sekarang kita bahas yang nomer 4 :

4. Meletakkan meja kerja menghadap jendela di mana kamu bisa melihat sesuatu yang hijau atau langit

Banyak orang melakukan ini untuk mencari ketenangan, melihat pepohonan yang hijau atau memandangi langit. Untuk menulis, hal ini juga baik untuk dilakukan. Ketika dalam suasana tenang dan keadaan sekitar mendukung, inspirasi akan dengan mudahnya datang. Dewi Lestari pun melakukan hal yang serupa. Salah satu tempatnya menulis adalah meja kerjanya yang diletakkan di dekat jendela dengan menghadap ke luar. Dengan posisi seperti ini, Dewi bisa mendapatkan udara segar atau pemandangan yang menenangkan dan mengundang inspirasi untuk datang.

5. Menulis di kafe sambil mendendengarkan musik

Dewi pun seringkali memilih sebuah kafe untuk tempatnya menulis. Seperti yang terlihat di foto berikut. Melalui akun instagramnya, Dewi berbagi pengalamannya memilih menulis di kafe setelah 10 hari berpuasa menikmati internet dan bersosial media. Kafe menjadi tempatnya bekerja dan menyelesaikan draft pertama Novel Supernova Intelegensi Embun Pagi. Dewi pun kadang menulis sambil mendengarkan musik. Tapi, dia berujar melalui media sosialnya bahwa dia nyaman mendengarkan musik instrumental karena musik instrumental lebih mengurangi distraksi atau gangguan untuk fokus. Sedangkan musik dengan vocal sering kali membuatnya kurang konsentrasi ketika mendengarkannya sambil menulis. Kamu pun bisa memilih kafe menjadi salah satu tempat untuk membantumu mencari inspirasi dan menulis. Selain itu, mendengarkan musik juga bisa jadi pilihan yang baik untuk menciptakan suasana, membangun mood, dan mengundang inspirasi untuk datang ketika menulis. Tetapi, pilihlah musik yang menenangkan bukan palah membuatmu tidak fokus ketika menulis.

6. Buat mind map atau rencana apa yang akan kamu tulis dan lakukan riset untuk tulisanmu

Mind map atau rencana apa yang akan kamu tulis sangatlah perlu dilakukan agar tulisanmu terorganisir. Riset pun perlu dilakukan agar tulisan kamu mendalam dan tak terkesan apa adanya. Jangan sampai orang yang membaca tulisanmu merasa bahwa tulisanmu dangkal karena kamu tidak atau kurang melakukan riset. Apalagi jika yang membaca tulisanmu adalah orang yang lebih memahami atau ahli di bidang yang kamu tulis. Dewi pun melakukan rencana yang matang dengan membuat mind map, rencana, dan riset yang mendalam untuk menghasilkan tulisan yang berkualitas. Rencana dalam bentuk mind map dibuatnya dimulai dari awal hingga akhir cerita secara detail agar tulisan yang dihasilkannya terorganisir dan terarah. Riset pun dia lakukan dengan berbagai macam cara. Bisa dengan cara datang langsung ke suatu tempat, mewawancarai seseorang, membaca buku, mencari informasi melalui internet, dan lain-lain. Cara ini sangat perlu untuk ditiru oleh kamu yang ingin serius menulis dan menghasilkan tulisan yang berkualitas.

7. Teruslah menulis tanpa memikirkan pendapat orang lain tentang tulisanmu. Menulislah untuk dirimu sendiri.

Di setiap event menulis, Dewi Lestari sering berpesan bahwa jika kamu ingin menjadi penulis, maka menulislah. Menulislah untuk dirimu sendiri. Mulailah menulis tentang hal-hal yang kamu suka dan terus rutin menulis. Jangan pikirkan pendapat orang tentang tulisanmu karena hal itu akan membuatmu merasa terbatasi untuk menulis. Setiap orang memiliki selera masing-masing. Pasti akan ada yang menyukai dan tidak menyukai tulisanmu. Tapi percayalah bahwa setiap karya, termasuk tulisan, pastilah memiliki penikmatnya masing-masing. Jadi, yuk terus semangat menulis!

sumber : @restyamalia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s