KEUNTUNGAN HOBI MENULIS DIARY

Mungkin tidak semua orang bisa menuangkan imajinasi nya lewat tulisan, mereka bukan tidak bisa atupun tidak sanggup membuat tulisan yang baik tapi karena tidak terlatih dan terbiasa. Awalnya mungkin membingungkan apa yang harus di tulis nya, namun jika kita gemar menulis walau tidak punya banyak ide itu merupakan suatu awal yang baik untuk menciptakan karya tulisan yang baik.

Saya memang hobi menulis sejak kecil, tapi bukan menulis utuk dijadikan buku ataupun bacaan, melaikan hobi menulis di diary. Hobi ini sudah saya lakukan dari kelas 3 SD. Tulisan nya  hanyalah kejadian yang terjadi seketika itu saja, cerita senang maupun sedih. Bahkan buku tulis sekolah pun menjadi sasaran tempat corat-coret untuk menyalurkan emosi kala itu. Sampai-sampai terkadang malu kalau melihat buku dairy jaman sekolah dulu. Hampir puluhan diary yang saya punya dari kelas 3 SD samapi sekarang, dan sebagian sudah tidak tau entah kemana, hanya sedikit saja yang masih ada. Yaaa itulah hobi, tulisan adalah bentuk ungkapan dan pemikiran sesorang.

Kalau Sekarang sih sudah zaman modern, orang-orang tidak perlu lagi punya buku diary. Kecanggihan geget membuat buku diary semakin tersingkirkan. mereka lebih mengandalkan kecanggihan geget untuk menuangkan pikiran dan perasaannya. Mereka bisa update kapan aja, lewat facebook, twiteer, blog dsb.  Jadi kesannya lebih simpel. Tapi tidak apa-apa jika intinya digunakan untuk menulis dan memberikan hal yang bermanfaat kepada orang lain.

Awalnya memang tidak pede untuk merangkai kata menjadi sebuah tulisan, karena selama ini yang saya lakukan hanyalah hobi menulis di buku diary. Ini merupakan tantangan yang sedikit sulit untuk menciptakan kreasi tulisan yang baru. Dan setiap kali saya membaca novel, cerpen, artikel, komik dsb selalu ada keinginan untuk menjadi penulis. Namun karna kurangnya pengetahuan dan kebranian untuk menulis, saya selalu mengurungkan niat untuk mencoba hal tersebut. Baru sekarang ini saya mulai mencoba dunia baru yang belum pernah saya coba sebalumnya. Dan ternyata menulis itu mengasyikan loh.

Jika di diary tulisan hanya sebagai dasar untuk menuangkan pikiran semata, sekarang berfikir bagaimana menulis dengan cangkupan yang lebih luas lagi. Jika dasar pemikirannya nya sudah ada maka akan mudah untuk mengembangkan tulisaan tersebut.

Banyak cara untuk mengekspresikan tulisan misalkan saja menulis puisi atau cerpen, kamu dapat melampiaskan  kekecewaan ataupun rasa bahagiamu disitu,, eestts tapi pastinya dengan kata yang sopan yaa. Semua bentuk dari ekspresi kegalauan, sedih, marah, gembira ataupun dari uneg-uneg yang lainnya jika dituangkan lewat tulisan akan menjadi plooonggg. Jadi apapun bentuk eksperimu jadikan tulisan yang sehat dan bermanfaat yaaa.

Dan jika kalian punya saudara ataupun adik yang suka menulis diary ataupun corat-coret buku dengan gambar ataupun tulisan yang tidak karuan seperti kisah saya diatas sebaikknya tidak perlu dilarang. Itu salah satuk wujud kepuasan diri. Bisa jadi kemungkinan menjadi seorang penulis hebat . Karena menulis pun pada awalnya tidak harus bagus, baik dan benar. semuanya membutuhnkan proses yang tidak singkat. Pastinya masih banyak kekeliruan dan penyampaian kalimat yang sempurna di dalamnya. Namun itu lah bentuk dasar manjadi penulis yang baik. Kepuasan itu akan terlihat jika sebuah karya kita bisa bermanfaat untuk di baca dan di terapkan dalam kehidupan orang lain. Semoga bermanfaaat.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s