Hobi Bertani: Tips Memilih Bibit Tanaman Buah

TIPS MUDAH MEMILIH BIBIT TANAMAN BUAH

Saat anda akan menanam tanaman buah seperti mangga, rambutan, durian dll, tentunya harus memilih bibit yang bagus.Untuk memilih bibit tanaman buah yang bagus ada beberapa ciri fisik yang bisa dijadikan patokan.

1. warnan daun yang hijau cerah, pucuknya daun berwarna hijau atau merah. Daun yang sudah tua terlihat berwarna hijau indah dan mengkilap. lihat juga ukuran daunnya tampak besar, kemudian  Lihat apakah ada bercak hitam bekas serangan hama atau penyakit dan daun yang tergulung.

2. Cek bekas sambungannya, bila ada benjolan berarti ada ketidakcocokan antara batang bawah dan atas. Batang atas harus tegak mengarah ke atas, tidak boleh bengkok atau merunduk ke bawah. Pilihlah bibit yang sudah ada percabangannya, bila ketinggiannya sekitar 1 meter.
Pastikan tidak jamur , bekas sayatan dan  bekas penggerek batang.  Batang yang bagus, lurus, kulit batang cerah beralur, potongan cabang/dahan tidak dipaksakan, bentuk proposional atas bawahnya.

3. Akar dan Media tanam. Coba bongkar media tanam sedikit untuk melihat adanya akar-akar serabutnya.  Bibit yang subur, banyak akar serabutnya dan akar sudah menembus polybag. pastikan ujung akar berwarna putih

sumber :  infotanam.blogspot.co.id

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s