Dapatkan Manfaat Ini Bagi Anda Yang Hobi Lari

LARI adalah bentuk latihan fisik paling alami yang bisa dilakukam makhluk hidup. Karena lari adalah kegiatan yang sederhana dan bermanfaat, tak heran mengapa banyak orang gemar melakukan aktivitas olahraga yang melibatkan kegiatan lari.

Bila Anda termasuk penggemar lari pagi atau yang serius dengan kegiatan maraton, Anda perlu berbangga karena kesehatan Anda terjamin. Berikut adalah manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan berlari, baik untuk kesehatan maupun kebahagiaan Anda, seperti dilansir dari Zeenews, Minggu (25/10/2015).

Jantung

Manfaat maksimal dari berlari didapat oleh jantung. Berlari akan meningkatkan kerja otot jantung yang memompa darah baik ke dalam maupun keluar jantung. Bila Anda sering berlari, otot jantung akan menebal sehingga kerja pompa otot jantung akan semakin baik untuk mengalirkan darah yang dibutuhkan ke seluruh tubuh.

Ini juga memungkinkan otot jantung mendapat suplai darah yang cukup sehingga arteri koroner akan membantu mempelebar diameter dan meningkatkan kekuatannya. Dari sini, banyak studi menemukan bahwa pelari berisiko rendah terkena penyakit jantung dan serangan jantung.

Kolesterol

Berlari mengurangi kolesterol jahat atau kolesterol LDL dan trigliserin dalam darah, yang berkontribusi pada serangan jantung.

Berlari menstimulasi hipotalamus di dalam otak yang menghasilkan faktor antipenggumpalan yang diberi nama Plasminogen Activator, yang mencegah pembentukan sumbatan di arteri koroner, sehingga mencegah serangan jantung. Berlari juga meningkatkan toleransi glukosa dan membantu gula darah diabetesi tetap terkontrol.

Kesehatan psikologis

Ini adalah manfaat terbaik yang bisa didapat pelari. Beberapa studi ilmiah mengatakan mereka yang ketagihan dengan aktivitas lari memiliki kepribadian yang positif dan memiliki kontrol dan ketahanan terhadap stres yang baik. Pelari juga memiliki kemampuan konsentrasi yang baik dan pandangan hidup yang lebih baik.

Antiobesitas, antirokok, dan antipenuaan

Berlari mengurangi berat badan dan obesitas. Bahkan sering terlibat dalam aktivitas lari akan membantu mengurangi kebiasaan merokok dan meningkatkan kesehatan fisiknya. Pelari juga akan menunda penuaan, yang secara psikologis penuaan meningkat 10-15 persen dalam 10 tahun, tapi pelari dapat menua hanya lima persen dalam 10 tahun.

Fungsi pernapasan

Dengan berlari, fungsi paru-paru akan meningkat dan pernapasan akan menjadi lebih ringan. Bahkan penderita asma dikatakan dapat memperbaiki kondisinya dengan latihan fisik seperti berlari ringan.

Tidur

Pelari ditemukan tidak memiliki masalah tidur dan mereka akan merasa lebih segar saat bangun setiap paginya. Studi yang dipublikasikan beberapa tahun lalu di Inggris, pasien yang mencoba rutinitas berlari 30-40 menit bisa mendukung respon baik untuk terapi mereka.

sumber :  lifestyle.okezone.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s