Jadikan Beternak Kambing Sebagai Hobi Anda

Beternak sebagai kegiatan untuk hobi sudah lumrah atau sudah biasa dilaksanakan oleh sebagian anggota masyarakat. Untuk para penghobi ternak, Tujuan dari beternak adalah memelihara binatang yang disukai untuk mencari kepuasan bathin.
Alasan  penghobi ternak memelihara binatang bisa bermacam macam seperti menyukai suara dari binatang, menyukai bentuk tubuh dari binatang yang dipelihara atau menyukai tingkah laku binatang atau karena mengikuti trend yang berkembang dimasyarakat dimana mereka tinggal. Nilai kehidupan yang diberikan oleh binatang yang  dipelihara mampu membuat pelaku kegiatan ini merasa hidup lebih indah, merasa hidup lebih memiliki makna. Bahkan ada yang mengatakan hidup akan lebih lama bila memiliki peliharaan berupa binatang atau tanaman. Ada juga yang mengatakan bahwa memiliki binatang peliharaan juga memiliki nilai dari berbagi terhadap sesame mahluk ciptaan Tuhan yang maha Esa.

Sekarang banyak sekali binatang yang dipelihara oleh penghobi. Aneka binatang yang dipelihara sebagi binatang kelangenan antara lain berbagai jenis reptile, berbagai jenis burung, bermacam-macam ikan dan berbagai jenis mamalia. Beberapa binatang seperti ular, buaya dan berbagai binatang buas lainnya dahulu kala tidak biasa dipelihara sebagai kelangenan.  Pada tahun-tahun belakangan ini masyarakat juga mulai menyukai hewan ternak dipelihara sebagai kelangenan seperti ayam, domba dan kambing.
Kambing peranakan etawa sekarang sudah banyak dipelihara sebagai binatang kelangenan. Beberapa alasan mereka memelihara kambing peranakan etawa karena mereka menyukai bentuk badan kambing yang kekar, kokoh, tegap dan besar. Warna bulu yang beraneka dan lebat juga memikat untuk dipelihara. Bahkan dibeberapa tempat di propinsi Jawa tengah ada salon yang menyediakan jasa perawatan kambing, seperti memandikan, memotong bulu kambing yang sudah panjang dan membuat kambing kelihatan jelek dan juga memotong kuku kambing.

Salon kambing memakai shampoo sehingga kambing berbau harum setelah dimandikan dan bebas dari penyakit kulit. Kambing peliharaan para penghobi sering disebut kambing kontes. Pakan untuk kambing kontes juga sangat diperhatikan oleh pemiliknya, pakannya tidak hanya rumput, tetapi pakan kambing ditambah konsentrat, dedak padi dan dedaunan. Dokter hewan juga kebagian rejeki dari para penghobi kambing.

Kambing peranakan etawa yang jantan adalah pilihan para penghobi ternak kambing. Kontes kambing peranakan etawa murupakan puncak kegiatan para penghobi ternak kambing walaupun kontes ini dilaksanakan para penghobi ternak kambing di pulau Jawa. Kontes kambing peranakan etawa telah memberikan kontribusi yang positif buat para peternak. Harga kambing peranakan etawa mulai naik apalagi kalau kambing tersebut telah memenangkan kontes. Harga kambing eranakan etawa yang telah memenangkan kontes bahkan bisa dinilai sebesar Rp 70 juta sampai Rp 80 juta. Harga lumayan mahal buat seekor kambing. Harga kambing peranakan etawa biasa adalah Rp 4 juta sampai Rp 7 juta. Kandang yang disediakan oleh pemilik kambing kontes juga sudah memiliki nilai lebih dari hanya sekedar kandang hewan. Kandang untuk kambing kontes sudah memiliki nilai estetika dan kebersihannya sangat diperhatikan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s